Bekerja Lebih Produktif di Tengah Pandemi dengan Cat® 323 GC

produk Cat 323 GC
GM Sumatera Area
Demo Unit CAT 323 GC

Seiring membaiknya situasi pandemi di Indonesia, berbagai rencana pemulihan ekonomi kembali menjadi agenda penting. Sejumlah sektor yang sejak tahun lalu menunjukan indikasi positif, kembali digenjot untuk memutar kembali roda perekonomian Indonesia, seperti sektor pertanian, perkebunan dan agribisnis, sektor konstruksi dan infrastruktur, serta sektor pertambangan dan energi. Untuk mendukung sektor industri dalam menata kembali performa bisnisnya, PT Trakindo Utama (Trakindo), perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia merilis hydraulic excavator terbaru di kelas 23 ton, yaitu Cat 323 GC.

Cat 323 GC adalah solusi alat berat untuk meningkatkan produktivitas dengan kontrol yang mudah digunakan, kabin yang nyaman, mampu mendorong penghematan bahan bakar hingga 25 persen, serta interval servis yang mengurangi biaya perawatan hingga 20 persen – semuanya untuk memberi hasil akhir biaya produksi yang lebih rendah.

Bicara di peluncuran Cat 323 GC (15/09), Desman Tambunan, Product Manager Trakindo meyakini sektor industri membutuhkan dukungan dan strategi yang tepat untuk mampu menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi yang kini dibutuhkan Indonesia. “Tantangannya adalah bagaimana memastikan bahwa sektor industri dapat melakukan efisiensi pada kinerjanya untuk mendapatkan hasil maksimal di tengah berbagai pembatasan yang terjadi, karena pandemi belum sepenuhnya usai,” jelas Desman Tambunan.

Cat 323 GC utamanya mengusung high productivity sebagai salah satu keunggulan. Hal ini dibuktikan dengan kapasitas bucket 1,3 meter kubik dan merupakan yang terbesar di kelasnya. Tentunya hal ini sangat menguntungkan, karena mampu mengoptimalkan produksi.

Di tengah situasi pandemi ini, untuk menjaga keselamatan seluruh pekerja, terkadang kegiatan operasional tidak dapat dilakukan maksimal; bahkan tak menutup kemungkinan terpaksa dihentikan sejenak, jika ada tim yang terpapar atau harus menjalani isolasi mandiri. Untuk mengantisipasi hal ini, kecepatan produksi dan pekerjaan menjadi kunci agar sektor industri tidak kehilangan profitnya, di situasi semacam ini lah kehadiran ekskavator dengan produktivitas tinggi akan mampu menjadi solusi.

“Intinya Cat 323 GC menawarkan performa andal dengan biaya kepemilikan dan biaya operasional yang lebih rendah,” papar Desman lagi.

Performa andal ini didapatkan dari peningkatan torsi ayun hingga 10 persen. Ekskavator ini juga memperbaiki visibilitas operator dengan rear view camera untuk meningkatkan faktor keamanan dalam pengoperasian. Pengoperasiannya pun cukup mudah, karena dilengkapi start push button dan fungsi operator id yang dapat menyimpan pengaturan keamanan tiap-tiap operator. Operator juga bisa lebih produktif dengan operator station yang nyaman, radio, bluetooth connectivity, USB ports, dan touch screen 8 inci yang dapat digunakan untuk pengaturan operasi sesuai kenyamanan operator.

Keunggulan berikutnya adalah biaya perawatannya yang bisa lebih rendah hingga 20 persen.  Interval penggantian filter diperpanjang dengan peningkatan masa pakai fuel filter dari 500 ke 1.000 jam, hydraulic filter dari 2.000 ke 3.000 jam dan air filter dari 500 ke 1.000 jam.

Selanjutnya, efisiensi bahan bakar juga bisa meningkat hingga 25 persen karena electrohydraulic system dan pompa hidraulis baru membuat Cat 323 GC hemat bahan bakar, tetapi tidak mengorbankan hydraulic power. Dilengkapi pengaturan cerdas, Cat 323 GC dapat mendeteksi beban pekerjaan dan mengatur RPM optimum untuk menghemat bahan bakar. Uniknya, Cat 323 GC memberi garansi konsumsi bahan bakar rata-rata 17 liter per jam*. Hal ini adalah yang pertama dan satu-satunya diterapkan di produk sejenis; dimana jika pelanggan mendapati konsumsi bahan bakar rata-rata melebihi angka tersebut maka akan diganti selisihnya*.

Lebih jauh, Cat 323 GC juga dilengkapi teknologi dual product link (satellite dan cellular) yang mengkoneksikan dan memudahkan manajemen alat-alat berat pelanggan. Teknologi ini dapat memonitor berbagai informasi terkait alat berat secara jarak jauh. Mulai dari lokasi alat, kondisi operasional alat, durasi pemakaian (hour meter), konsumsi bahan bakar rata-rata, hingga memberikan alert fault code ke nomer ponsel pelanggan, serta informasi kondisi lainnya melalui my.cat.com.

“Cat 323 GC adalah jawaban dari kebutuhan konsumen kami yang membutuhkan efisiensi maksimal di tengah kondisi sekarang ini. Tentunya kita berharap dengan dukungan Cat 323 GC yang mempu menjaga efisiensi dan meningkatkan kinerja, sektor industri akan mampu menggerakan kembali roda perekonomian kita, sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat,” tutup Desman.

*syarat & ketentuan berlaku

Kembali ke Berita