Dukung Pendidikan Politeknik Alat Berat, Trakindo Berikan Media Pembelajaran Baru di Padang

Bantuan Poltek Padang

Serah Terima BantuanPendidikan Teknik alat berat memang memiliki tantangan yang berbeda dalam proses belajar mengajarnya. Dibutuhkannya alat-alat media pembelajaran khusus seperti komponen – komponen alat berat untuk dapat melakukan praktek langsung bagi setiap politeknik tersebut. Oleh karena itu, guna mendukung dunia pendidikan di tanah air, PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® di Indonesia, kembali memberikan bantuan hibah media pembelajaran kepada Politeknik Negeri Padang (PNP) berupa Engine C7 dan minor component (starting motor, fuel transfer pump, water pump dan injector). Melalui Trakindo Tanjung Enim tepatnya dihalaman kantor Trakindo Tanjung Enim, jalan lintas Palembang – Muara Enim Km. 3,5 Desa Kepur, Sumatra Selatan, bantuan tersebut diberikan kepada para siswa/i Teknik Alat Berat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, Wakil Direktur Revalin Hardianto, Ph.D., Ketua Prodi Alat Berat Andriyanto, M.T., bersama dengan 5 orang dosen yang 2 di antaranya adalah ex-karyawan Trakindo Utama yaitu Ir. Refnal Marzuki dan Guswandri turut hadir dalam prosesinya. Acara serah terima juga dihadiri oleh 14 orang karyawan Trakindo Tanjung Enim, alumni dari Politeknik Negeri Padang.

Site Manager Trakindo Tanjung, Efraim Ivan Sampe menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dunia pekerjaan alat berat pada industri pertambangan masih memiliki prospek yang tinggi sehingga kebutuhan sumber daya manusia masih terbuka lebar di masa yang akan datang. ”Diperlukan sinergi antara pelaku industri dengan institusi akademik, bekerja sama dalam mencetak lulusan yang siap kerja, selain itu juga, perlunya faktor keselamatan dan kesehatan ditanamkan sejak bangku perkuliahan, sehingga bisa menjadi karakter budaya atau kebiasaan yang sangat berguna saat sudah bergabung di dunia kerja.” jelas Efraim.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh Trakindo, dan juga rasa syukur atas diterimanya 36 mahasiwa-mahasiswi lulusan tahun 2022 di Trakindo. ”Bantuan ini merupakan sebuah bukti nyata atas kepedulian Trakindo terhadap dunia pendidikan dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.” jelas Dr. Surfa Yondri.

Bantuan Poltk Padang

Para pendidik institusi pendidikan yang dulunya bernama Politeknik Andalas ini datang langsung dari Padang ke kantor Trakindo Site Tanjung Enim, Sumatra Barat untuk menunjukkan antusias dan rasa terima kasihnya kepada Trakindo. Terlebih bantuan ini adalah kali ketiga yang telah diterima oleh PNP selama masa jabatan direktur sekarang. ”Hal ini membuat Politeknik Negeri Padang semakin berkomitmen untuk menambah kelas Prodi Alat Berat di tahun yang akan datang, karena tingginya penyerapan sumber daya pada dunia industri.” tambah Dr. Surfa Yondri.

Sejalan dengan Misi Perusahaan yaitu berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas demi kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat. Kerja sama ini juga menjadi wujud nyata atas sinergi yang dibangun oleh Trakindo terkait dunia pendidikan dengan dunia industri dalam upaya meningkatkan kompetensi para peserta didik agar mereka secara utuh siap kerja. Trakindo, Advancing You Forward.

Kembali ke Berita