Membina Sekolah Dasar Demi Melahirkan Inovator Masa Depan

innovakid pre

Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh di Indonesia, PT Trakindo Utama (Trakindo) selalu berkomitmen pada kemajuan bangsa, salah satunya di bidang pendidikan, termasuk pendidikan dasar. Komitmen ini diwujudkan dengan menggelar Trakindo Innovakids 2022 - “Gerakan Transformasi Edukasi Produk Inovasi”, ajang kompetisi hasil inovasi siswa SD dalam bentuk teknologi tepat guna karya para siswa. Harapannya siswa tertarik dan belajar menciptakan inovasi saintifik dengan kreatif sehingga bisa jadi solusi bagi masyarakat. Trakindo Innovakids 2022 akan digelar pada 2 Juni 2022 sebagai kegiatan pamuncak dari Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo bagi pendidikan dasar pada 2021-2022, yang kali ini dilakukan berkolaborasi dengan Kemendikbudristek RI.


Corporate Communication and CSR Manager PT Trakindo Utama Candy Sihombing menjelaskan bahwa
pendidikan selalu menjadi salah satu pilar corporate citizenship Trakindo sebagai perwujudan dari misi Trakindo sejak awal berdiri yaitu menjadi perusahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja yang berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia. “Trakindo memandang pendidikan merupakan fondasi bagi pembangunan karakter bangsa dan individu yang beretika. Trakindo Innovakids ini merupakan acara puncak dari program tahunan pembinaan sekolah dasar yang telah dijalankan sepanjang tahun. Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara penutupan diadakan dalam format Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT), maka tahun ini penutupan program ini diperuntukan bagi siswa sekolah binaan untuk berkompetisi dalam inovasi,” ungkap Candy Sihombing.


Program Trakindo bagi pendidikan dasar sebenarnya telah dilakukan intensif sejak 2010 hingga sekarang. Di tahun 2021-2022 inilah, program ini diadakan mengangkat tema Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo. Jika dulu puncak program tahunan itu disebut Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT), maka tahun ini sedikit berbeda, dengan format Trakindo Innovakids para siswalah yang menjadi fokusnya.


Gerakan transformasi edukasi di bidang pendidikan dasar ini diarahkan untuk mengakselerasi penerapan dan penguatan pendidikan berbasis penguatan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar. Untuk itu, Trakindo menjalankan program pengembangan sekolah yang terstruktur, dilaksanakan dengan intervensi berbentuk pelatihan dan pendampingan berbasis sekolah. Program ini direncanakan selama 3 (tiga) tahun sejak tahun 2021 dengan fokus perbaikan tata kelola sekolah, penyiapan lingkungan pembelajaran, pembudayaan karakter, integrasi pembelajaran CBL (Challenge Based Learning), serta pelibatan orang tua dan masyarakat dalam membangun budaya inovasi sekolah guna menciptakan inovator masa depan Indonesia melalui kegiatan Intrakurikuler dan ekstrakurikuler.


Dalam pelaksanaannya, gerakan ini dibagi dua tahap. Tahap 1 berfokus pada upaya review terhadap visi dan misi sekolah, pengenalan program pendidikan karakter dan pendekatan Challenge Based Learning, serta asistensi pembuatan prototipe inovasi karya siswa. Selanjutnya di tahap 2, dilakukan Challenge Based Learning tahap lanjutan, training “good practice writing” bagi guru-guru agar bisa mengamplifikasi inovasi dari sekolah, produksi prototipe inovasi yang dihasilkan siswa di tahap 1 dan kompetisi inovator cilik. Kedua tahapan ini diikuti 40 sekolah, 500 tenaga pengajar dan sekitar 10.000 siswa, orang tua dan komunitas.

“Trakindo Innovakids 2022 sejatinya merupakan selebrasi program pembinaan Trakindo di sekolah-sekolah dasar ini, sekaligus ajang temu guru dan siswa dari sekolah-sekolah dasar mitra Trakindo di seluruh Indonesia untuk berbagi praktik baik dan peningkatan budaya inovasi sekolah, serta mengompetisikan karya inovasi siswa sekolah dasar tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual agar bisa melibatkan siswa, orang tua dan guru di manapun berada,” tutur Candy Sihombing.


Di babak final, akan diumumkan 10 besar inovasi terbaik karya para siswa SD yang lolos babak preeliminasi. Kemudian para siswa dari 10 sekolah ini akan dinilai para juri untuk menentukan tiga inovasi terbaik yang memenangkan Trakindo Innovakids 2022. Di acara puncak nanti para peserta diuji oleh dewan juri yang terdiri dari Bari Hamami, President Director Trakindo; Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI; Daniel Setyadi, Chief Innovation Officer PT Trakindo Utama, Yulia Yasmina - Chief Administration Officer PT Trakindo Utama, dan Parama Suteja, Influencer/Content Creator Pendidikan dan Mahasiswa Pascasarjana Harvard University.

Kreator konten Parama Suteja yang juga akan tampil memberi motivasi pada siswa dan guru menyambut baik upaya melatih daya inovasi siswa sejak dini. “Pemikiran inovatif mendorong eksplorasi dan fleksibilitas pemikiran. Anak-anak yang diajar berpikir inovatif tidak hanya menjadi problem solver yang lebih baik tetapi juga lebih mudah beradaptasi dan mampu menangkap peluang baru. Pemikiran inovatif pada anak-anak sangat penting di dunia saat ini yang ditandai dengan kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi, juga untuk menghadapi berbagai tantangan di masa kini dan masa mendatang,” ungkap Parama Suteja.

Gagasan Trakindo Innovakids 2022 ini didukung juga oleh Edukasi101 (PT. Edukasi Satu Nol Satu) sebuah social enterprise yang berfokus di bidang sosial, pendidikan dan kesehatan. Dalam kesempatan wawancara khusus Winastwan Gora, Founder dan CEO Edukasi101 menilai komitmen Trakindo sangat luar biasa dalam membantu pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. “Sampai saat ini, ribuan guru di sekolah-sekolah mitra program Trakindo telah banyak mendapatkan manfaat dalam pengembangan profesional mereka. Para guru diperkenalkan model-model pembelajaran baru, sekolah didampingi untuk merumuskan dan menjalankan program-program sekolah inovatif, selain itu dalam program ini kerja sama antara sekolah, orang tua siswa dan masyarakat juga diperkuat agar terjalin sinergi Kemitraan Multi-Pihak yang baik di antara pemangku kebijakan pendidikan,” ungkap Winastwan Gora.


Babak pamuncak Trakindo Innovakids akan disiarkan melalui di Kanal Youtube PT Trakindo Utama dan kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar. Di kanal Youtube Generasi Trakindo,masyarakat bisa menyaksikan aksi inovatif para siswa SD ini dan memilih Presenter Favorit. “Kami berharap lebih banyak pihak yang mendapat inspirasi dari program ini dan masyarakat bisa berpartisipasi bersama Trakindo melahirkan generasi masa depan yang inovatif dan adaptif dengan perubahan yang harus mereka hadapi di masa depan,” tutup Candy Sihombing.

Kembali ke Berita